Sunday, January 28, 2018

Lebih memilih mana antara bekerja cerdas dengan bekerja keras?

Assalamu'alaikum sahabat...
Sudah siapkah anda dalam menjalani hari esok yang lebih baik dari hari ini?
Semoga kalian dan kita semua sudah siap dalam menjalani hari esok yang lebih baik dari hari ini.


Kali ini saya mau berbagi cerita inspiratif kepada kalian mengenai pekerja  keras vs pekerja cerdas.

Semoga apa yang akan saya ceritakan dibawah menjadi inspirasi bagi kalian dalam menentukan suatu pilihan.

Langsung saja kita ke cerita...

Disuatu desa hiduplah dua orang pemuda yang sama sama memiliki badan yang kekar dan kuat.
Sebut saja Goku dan Naruto.

Keduanya memiliki sebuah angan angan yang sama, mereka ingin menjadi orang terkaya didesanya, sambil memandang langit, keduanya saling mencurahkan isi hati mereka tentang apa yang diangankan. Si Goku menghayal seandainya dia mempunyai pekerjaan, ia akan bisa beli ayam, kemudian kambing dan kemudian sapi dan juga rumah yang mewah, begitu pula si Naruto, ia menghayalkan hal yang sama.

Hingga suatu saat ketua desa setempat menemui keduanya untuk memberikan sebuah pekerjaan, yaitu mengambil air dari bukit ke penampungan air yang berada ditengah desa.
Karena kebetulan didesa tersebut sangat susah mendapatkan air.

Ilustration
Keduanya sangat gembira dan membayangkan akan segera menjadi orang kaya. Apalagi bayaran yang didapat tidaklah murah.

Tanpa basa basi lagi kedua pemuda itu langsung mengiyakan tawaran dari kepala desa untuk mengambil air dari bukit ke tengah desa. Dan disepakati bahwa pembayaran yang didapat adalah sesuai jumlah ember yang dibawa.
Ilustration
Disuatu pagi mereka memulai pekerjaan mereka, masing masing membawa 2 ember yang terisi penuh. Dan keduanya sangatlah menikmati pekerjaan itu.

Hari demi hari berlalu, mereka terus bekerja dari pagi hingga sore. Dan mendapatkan bayaran tiap minggu sekali.
Mereka sangat senang dan puas atas hasil yang mereka dapatkan. Mereka mulai membelanjakan uang mereka sesuai yang diingini.

Hingga suatu saat naruto memberikan sebuah ide kepada goku untuk membuat saluran air dari bukit ke desa supaya tidak susah mengangkut air namun tetap mendapatkan upah.

Namun ide tersebut malah ditertawakan oleh goku, dan dia berkata "ide macam apa itu hahaha... Apa kau tidak lihat sekarang, kita sudah mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sesuai, buat apa bersusah payah dengan ide yang mustahil itu"

Walaupun ditertawakan dan diejek naruto tetap menjalankan rencananya, tidak seperti biasanya ia sekarang bekerja separuh waktu saja karena separuh waktunya iya gunakan untuk menjalankan rencnanya untuk mengalirkan air dari bukit ke desa.

Waktu demi waktupun terus berjalan, naruto tak kenal lelah dengan terus bekerja untuk membuat saluran air.
Ilustration
Bulan demi bulan hingga tak terasa hampir 3 tahun naruto terus bekerja membuat saluran air, sekarang ia jauh berbeda dengan si goku, jelas saja pendapatan naruto hanya separuh dari goku karena goku bekerja sehari penuh sedang naruto hanya separuh hari.

Namun hal itu tidak tidak menyurutkan perjuangan sang naruto untuk terus membuat saluran air, dikala goku sudah bergelimang harta karena pendapatannya yang banyak naruto tetap berusaha.

Disuatu hari tidak seperti biasanya goku berkumpul dengan temannya dikedai makan, namun sekarang ia lebih suka duduk termenung di pojok kedai mencari tempat yang lebih sepi.
Ilustration
Terkadang ia merintih dikala malam akibat lengannya yang semakin lama semakin sakit.
Dan disatu sisi pembangunan saluran air naruto sudah hampir selesai. Yang dulunya naruto ditertawakan dan disebut sebut manusia paralon sekarang sudah mulai reda, dan berbalik kepada goku dengan sebutan manusia ember.

Genap 4 tahun ahirnya pembangunan saluran air naruto sudah selesai, dengan rasa senang dan haru ia mengucapkan syukur sambil bersujud di dekat penampungan air yang terletak ditengah desa.

Hal baru inipun disambut gembira oleh semua warga desa tak terkecuali si goku yang sekarang kehilangan pekerjaannya. Dan dengan terpaksa ia harus mencari pekerjaan baru.

Hari demi hari, air tetap mengalir walaupun natuto tidur, main, pergi dan mau apapun air tetap mengalir, yang berarti upahnyapun tetap mengalir tanpa harus ia bekerja. Walaupun terkadang hanya memperbaiki saluran yang rusak namun tidak sepayah harus mengangkut air sejauh biasanya.

Selesai...

Mungkin itulah cerita singkat bagaimana ahir dari sebuah perjuangan yang didasari oleh pengetahuan dan pandangan yang jauh kedepan.

Kedua tokoh yang saya sebutkan sama sama memiliki pendukung fisik yang sama hanya saja cara mereka berfikir mereka yang berbeda.

Naruto jauh jauh hari sudah mempertimbangkan bahwa tak selamanya ia bisa mengangkut air dengan badannya yang kuat, ia menyadari dengan kekurangan itu, oleh karena itu ia lebih memilih untuk membuat jalan pintas dengan cara membuat sistem baru yang terus menerus bisa mendapatkan penghasilan tanpa terus bekerja yang memudahkannya di kala ia sudah tak sanggup membawa ember lagi, walaupun harus mengorbankan beberapa peluang mendapatkan upah yang lebih.

Sedangkan goku dia hanya mengandalkan kerja keras, yang dia fikirkan hanya apa yang ada didepan mata, dan penghasilan yang besar tanpa memandang hari berikutnya, dan pada ahirnya iapun menyesal akibat tak mau mengikuti ajakan temannya itu.

Yang jadi pertanyaan sekarang

  • Bagaimana dengan anda?
  • Bagaimana jika anda dipecat?
  • Bagaimana jika anda sakit sehingga tidak bisa membawa ember lagi
  • Bagaimana jika dalam semalam tabungan anda habis untuk membiayai pengobatan anda
Semua butuh perhitungan, namun saya bukan menyalahkan atau hanya mendukung satu sisi, yang saya berikan dari cerita diatas hanyalah motifasi agar kita tak selamanya terpaku dalam satu kondisi, kita masih punya akal yang bisa kita gunakan.

Bekerja kepada orang lain itu juga baik, tanpa ada pekerja semua tak ada yang bisa terwujud. 
Semoga dari cerita diatas anda bisa menyimpulkan dan termotifasi bagaimana cara agar tetap bisa mendapatkan apa yang kita inginkan  tanpa harus selamanya bekerja.

Terimakasih...
Jika cerita diatas bermanfaat silahkan di share di sosial media yang ada dibawah.

2 komentar

Orang mua sukses harus jatuh bagun dulu, dan gak instan, kalau Goku pengen instan tapi gak tahan lama, kalau naruto melaluli proses yang tidak sebentar namun bisa bertahan lama.

Makasih gan udah mau baca..
Emang kita harus susah dahulu biar bisa mendapat apa yg kita inginkan kaya naruto


Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik dan tidak mengandung unsur profokasi.🤔Pilih EmoticonPilih Emoticon Anda🤗