Sunday, March 11, 2018

Cara mengatasi ponsel lemot dan aplikasi tidak menanggapi pada ponsel android

Siambakidul.com~ponsel lemot dan aplikasi sering tidak menanggapi adalah hal yang sangat tidak mengenakan apalagi disaat kita sedang butuh banget menggunakan aplikasi yang akan digunakan.

Hal seperti ini sering sekali terjadi dan merupakan hal wajar yang dialami oleh para pengguna ponsel. Tidak sedikit dari mereka mengeluhkan hal seperti ini bahkan saya juga pernah mengalami, setelah browsing kesana kesini semuanya gagal dan tak berhasil dengan sempurna, walaupun berhasil hanya sebentar saja kemudian lemot lagi dan bahkan beberapa aplikasi sering offer close sendiri atau bahkan tidak menanggapi.

Mungkin bagi sahabat yang kurang sabar bisa bisa ponselnya dibanting hehe,, tapi tenang saja sebenarnya setiap masing masing ponsel memiliki caranya tersendiri untuk mengatasinya tergantung merk, sistem atau versi dari ponsel itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips bagi kalian yang memiliki ponsel lemot padahal memori penyimpanan masih sangat longgar, bahkan aplikasi sering offerclose atau tidak menanggapinya sama sekali.

Cara yang akan saya berikan ini adalah cara yang saya lakukan terhadap ponsel saya sendiri, semoga bisa membantu sobat dan bekerja pada ponsel sobat ya..

Lakukan langkah langkah yang akan saya berikan dengan benar dan ikuti semua caranya dan jika gagal jangan putus asa cobalah beberapa kali jika masih gagal. Tapi mudah mudahan bisa bekerja secara langsung seperti yang saya alami.
Tapi sebelumnya saya memberitahukan kepada sahabat bahwa yang saya gunakan adalah ponsel xiaomi, jika sobat memiliki ponsel jenis lain tidak ada salahnya untuk mencoba.

Berikut cara mengatasi ponsel lemot dan aplikasi sering tidak menanggapi.

1. Refres ponsel

Langkah pertama yang wajib sobat lakukan adalah merefres ponsel atau memulai ulang ponsel sobat atau sering dikenal dengan rebort, sobat jangan kawatir karena merefres/merebort ponsel bukan berarti merestart ponsel yang harus kehilangan semua data. Caranya adalah menekan tombol power ponsel secara lama hingga muncul beberapa pilihan seperti "matikan daya, mulai ulang(rebort), senyapkan, dan mode pesawat" masing masing ponsel berbeda tergantung merk tapi yang pasti ada, adalah pilihan "mulai ulang dan matikan daya" dua pilihan itu pasti ada. Sobat pilih "mulai ulang(rebort)" tunggu hingga ponsel mati kemudian hidup kembali secara otomatis.

2. Bersihkan cache

Setelah cara pertama sobat lakukan dengan benar selanjutnya sobat bersihkan cache diponsel sobat, membersihkan cache bisa secara langsung menggunakan aplikasi bawaan ponsel sobat atau dengan aplikasi pendukung dari playstore, saya sarankan bersihkan menggunakan aplikasi bawaan terlebih dahulu.

Cache adalah sampah ponsel yaitu berupa file file kecil yang jumlahnya sangat banyak dan tidak berguna sedikitpun, cache terbentuk dari aktifitas aktifitas kita didalam ponsel yang membentuk file log atau file bekas aktifitas. Terkadang cache yang membuat ponsel kita lemot.

Cara yang saya gunakan selain menggunakan aplikasi sistem adalah dengan aplikasi hasil saya menginstal di playstore yaitu Es file explorer menurut saya ini adalah aplikasi pengelola file terbaik yang ada di playstore. Saya harap sobat menginstalnya kemudian buka dan jalankan. Pada menu utama sobat pilih "analisa" guna mengetahui file file yang ada, kemudian sobat cari "file yang baru dibuat" dan pilih "detail"
Selanjutnya sobat akan melihat ribuan file cache, silahkan ceklis semua sekaligus dengan ceklis atau centang dipojok kanan atas dan kemudian hapus.

3. Periksa dan upgrade pembaharuan sistem

Cara terahir yang saya lakukan adalah cara terpenting yang wajib sobat perhatikan.
Setiap ponsel masing masing memiliki fitur pembaharuan sistem, biasanya disaat pembaharuan sistem tersedia anda akan diberi tahu atau jika tidak ada notifikasi kalian bisa melihatnya di setelan.
Kalian perlu perhatikan pembaharuan sistem berbeda dengan pembaharuan aplikasi yah..
Pembaharuan sistem berasal dari pengelola ponsel, seperti dari pihak xiaomi, samsung atau yang lainnya, sedang pembaharuan aplikasi berasal dari pihak pengelola aplikasi saja dan tidak terlalu berpengaruh dengan yang lain.

Pembaharuan sistem ini sangat jarang sekali disadari dan dilakukan oleh orang pada umumnya, karena menganggap tidak terlalu penting, padahal hal ini menjadi faktor utama yang menjadikan aplikasi sering offerclose atau sering tidak menanggapi.

Untuk memeriksa atau melihat pembaharuan sistem kalian bisa melihat disetelan sobat cari saja "pembaharuan sistem" jika ada yang perlu diperbaharui perbaharui saja, pastikan ada data internet yah,,.

Semoga bermanfaat..


Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik dan tidak mengandung unsur profokasi.🤔Pilih EmoticonPilih Emoticon Anda🤗